Header Ads

Makna di Balik Wajah Ngeri Boneka Daruma

Kabarwibu.info – Untukmu pecinta film horor, apakah kamu pernah menonton salah satu film horor Jepang berjudul “As the Gods Will”? Di dalam film ini menampilkan boneka Daruma dengan berbagai kengeriannya.
Permainan bersama dengan boneka Daruma ini sebenarnya sederhana. Boneka Daruma akan bernyanyi dan membelakangi para siswa. Ketika nyanyiannya habis, boneka Daruma akan berbalik arah. Siswa yang ketahuan bergerak maka kepalanya akan pecah. Betapa ngerinya, bukan?
Daruma-san merupakan boneka tradisional Jepang yang berwarna merah, berbentuk bulat, serta tidak memiliki tangan maupun kaki. Untuk para wisatawan yang ingin membeli boneka ini dapat mengunjungi kota Takasaki di awal tahun. Apa kamu berminat?
Boneka Daruma berasal dari cerita Bodhidarma yang bertapa untuk meditasi selama 9 tahun. Dalam waktu tersebut, tangan dan kaki Bodhidarma menjadi tidak berfungsi dan lepas dari tubuhnya. Oleh karena itu boneka Daruma juga tidak memiliki tangan maupun kaki. Begitu pula dengan warna merah dari boneka Daruma berasal dari warna baju yang dikenakan Bodhidarma saat itu.
Tradisi boneka Daruma berawal dari kuil Shorinzan Darumaji yang dibangun oleh Pendeta Shinetsu pada tahun 1697. Kuil ini terletak di kota Takasaki, Prefektur Gunma. Di setiap tahunnya pada tanggal 6 dan 7 Januari di kota Takasaki terdapat Festival Daruma yang menjual boneka Daruma dengan berbagai model dan ukuran yang beragam.
Meskipun di dalam film boneka Daruma ini tampak sangat mengerikan, namun boneka ini dianggap sebagai benda keberuntungan yang dijual tanpa gambar di kedua belah matanya. Jika ingin harapannya terkabul, maka orang tersebut harus menggambar salah satu matanya. Jika harapannya sudah terkabul maka harus melanjutkan menggambar sebelah mata lainnya.
Setelah semua harapan terkabul, boneka Daruma yang sudah lengkap dengan gambar kedua matanya dianjurkan untuk dikembalikan di kuil untuk dibakar.
Selain sebagai pembawa keberuntungan, makna boneka Daruma adalah pantang menyerah. Hal ini karena di dalam boneka Daruma terdapat benda bulat berat yang berfungsi sebagai pemberat. Boneka Daruma akan berdiri dengan sendirinya ketika ia dijatuhkan. Menurut orang Jepang, hal ini dipercayai bahwa boneka Daruma memiliki makna pantang menyerah, maka ketika terjatuh harus bangkit kembali.

Sumber:
Akibanation

No comments

Powered by Blogger.