Header Ads

Nama Makoto Shinkai, Sutradara Film Anime “Kimi no Nawa” Diabadikan sebagai Nama Asteroid


Kabarwibu.info – Sebuah pencapaian bagi Makoto Shinkai yang namanya dikenal di dunia berkat kesuksesan filmnya “Kimi no Nawa”. Kini, yang lebih mengagumkan lagi nama Makoto Shinkai diabadikan sebagai nama asteroid. Wow! Sebuah pencapaian yang luar biasa karena namanya sekarang juga terkenal di luar angkasa.
Makoto Shinkai yang berusia 45 tahun ini dikenal sebagai sutradara dari film-film animasinya yang dibuat dengan penuh visual yang indah dan menakjubkan. Hal ini membuat ia mendapatkan sebuah penghormatan dengan memakai namanya untuk sebuah asteroid di awal bulan ini.
Mengapa Makoto Shinkai bisa mendapatkan penghormatan ini? Yap, coba ingat-ingat kembali film “Kimi no Nawa”. Di film tersebut komet yang merupakan benda luar angkasa yang menjadi titik fokus, sehingga menjadi sangat populer di dunia dan ceritanya sangat mengena di hati. Untuk itu asteroid ini diberi nama “55222 Makotoshinkai”.
Asteroid 55222 Makotoshinkai sebenarnya ditemukan tahun 2001 oleh Roy A. Tucker, seorang astronom di Goodricke-Piggott Observatory di Arizona, Amerika Serikat. Penemu asteroid memiliki hak untuk mengajukan nama asteroid yang ia temukan. Kemudian ia harus menjalani proses persetujuan yang panjang beserta protokol yang ketat oleh International Astronomical Union. Semua nama yang diajukan tentu saja tidak bisa lolos, sehingga Tucker merasa senang ketika nama Makoto Shinkai yang ia ajukan dapat lulus tes.
Asteroid Shinkai tercatat berdiameter 7,25 meter dan terletak di asteroid utama luar antara planet Mars dan Jupiter. Informasi lebih lanjut mengenai fisik dan jalur orbitnya dapat ditemukan di NASA Jet Propulsion Laboratory di California Institute of Technology.
Tidak hanya nama Makoto Shinkai yang diajukan Tucker sebagai nama asteroid. Ternyata pada hari yang sama ketika ia membuat pengumuman mengenai asteroid 55222 Makotoshinkai, ia juga men-tweet berita tentang nama-nama asteroid yang baru-baru ini disetujui. Nama-nama itu antara lain Akira Ifukube (pembuat film “Godzilla”), Yasuhara Takanashi (komposer anime dan video game), Yukito Ayatsuji (penulis), Lynn Okamoto (artis manga), dan Kinoko Nasu (penulis).

Sumber:

No comments

Powered by Blogger.