Header Ads

Stasiun Radio Jogja yang Memutarkan Lagu Jepang Ini Dulunya Bisa Digunakan sebagai Media Kenalan Antar Wibu

Kabarwibu.info – Untukmu para wibu yang suka mendengarkan lagu Jepang, di zaman yang semakin modern ini pastinya kamu dimudahkan untuk mengakses lagu-lagu favoritmu. Kamu dapat mengakses Youtube atau mengunduh beragam aplikasi musik di playstore atau appstore.
Namun, bagaimana dengan zaman dulu? Media apa yang digunakan zaman dulu ketika ingin mendengarkan lagu Jepang?
 Saya  termasuk generasi tua yang lahir tahun 90-an. Di masa kecil saya, ketika SD saya sudah mulai suka dengan lagu-lagu Jepang. Namun saat itu, internet belum berkembang pesat seperti zaman sekarang. Untuk itu wajar jika di zaman dulu sangat jarang mengakses internet.
Lantas bagaimana caranya saya bisa mendengarkan lagu-lagu Jepang? Apalagi saat itu sedang banyak-banyaknya anime yang diputar di televisi yang membuat saya ingin mendengarkan lagu Jepang lainnya selain dari soundtrack anime.
Saat saya mendengarkan radio, tidak sengaja saya mendengar lagu dari soundtrack Naruto yang berjudul “Wind” diputar di salah satu stasiun radio Jogja. Akhirnya saya dengarkan terus sampai acaranya selesai. Dan semenjak itu setiap sore saya sering mendengarkan lagu-lagu Jepang melalui radio.
Di zaman dulu, radio yang memutarkan lagu-lagu Jepang ini cukup populer, khususnya untuk orang-orang pecinta jejepangan. Dengan media radio ini, saat itu kita bisa kenalan satu sama lain. Apalagi saat itu zamannya orang-orang suka sebar nomor telepon untuk kenalan.
Di radio yang memutarkan lagu-lagu Jepang ini kita bisa request lagu Jepang kesukaan kita, kirim sms, dan mengirimkan salam dengan teman wibu lainnya. Sungguh, masa-masa itu adalah masa yang cukup menyenangkan meskipun kita antara teman satu wibu dan yang lainnya tidak pernah bertemu.
Saya juga senang ketika saya request lagu, selalu diputar oleh penyiarnya. Saat itu saya sering request lagunya “the GazettE”. Hahaha kebahagiaan yang hakiki. Untukmu para wibu, apakah kalian juga merasakan hal ini? Apakah dulunya kalian juga penikmat radio yang memutarkan lagu Jepang? Stasiun radio mana yang sering kalian dengarkan?
Ternyata, di Jogja tidak hanya 1 stasiun radio saja lho yang memutarkan lagu Jepang. Lantas stasiun radio mana saja? Yuk simak sembari nostalgia zamanmu waktu kecil.
(ICHIGO Swaragama FM Bersama Anggota JKT 48 / Sumber: @swaragamafm)
1.      Sakura Hits (Star Sakura) – EMC FM (97.8 FM)
Inilah stasiun radio pemutar lagu Jepang yang pertama kali saya dengarkan. Acara musik Jepang yang diputar di stasiun radio ini dimulai jam 3 sore sampai 5 sore. Dua jam mendengarkan lagu Jepang di sore hari, saat itu merupakan kenangan yang mengasyikkan. Dan disini saya mengenal teman-teman wibu, padahal juga tidak pernah bertemu. Penyiar favorit saya saat itu adalah Mbak Niken. Entah kenapa ketika saya request lagu selalu diputarkan.

2.      ICHIGO – Swaragama FM (101.7 FM)
Setelah menemukan stasiun radio pemutar lagu Jepang, akhirnya saya juga semakin gencar untuk mencari lagi stasiun radio lainnya. Yap, secara tidak sengaja saya kembali menemukan. Saat itu hari Minggu jam 3 sore. Akhirnya saya mendengarkan acaranya hingga selesai dan saya tahu acara ICHIGO di Swaragama FM itu hadir hari Minggu jam 2 siang sampai 4 sore.

3.      J-ON Star – Star FM (101.3 FM)
Kembali lagi saya mencari radio pemutar lagu Jepang. Saat itu malam jam 8-an. Wah ternyata saya tidak terlalu terlambat untuk mendengar radio ini. Yap, jam 8 malam di acara J-ON Star radio Star FM juga memutarkan lagu-lagu Jepang. Namun dari pengalaman saya, di acara ini banyak lagu lawas yang diputar. Sebenarnya banyak lagu-lagu yang tidak saya ketahui dan belum pernah saya dengar, namun saya tetap mendengarkannya hingga selesai.

4.      Prambors FM (95.8 FM)
Dan inilah pencarian terakhir saya untuk menemukan radio pemutar lagu Jepang di Jogja. Saat itu hari Minggu jam setengah 5 pagi saya sudah bangun. Setelah saya shalat subuh, saya ingin meminjam handphone kakak saya untuk mendegarkan radio. Saat itu saya masih SD dan belum punya handphone, makanya saya suka sekali pinjam handphone kakak.
Akhirnya handphone Sony Ericsson tipe J132 milik kakak saya berhasil saya ambil dari tempat tidur kakak. Saat itu kakak saya belum bangun haha. Dan saya langsung mencari stasiun radio pemutar lagu Jepang lagi. Kira-kira ada nggak kalau di pagi hari?
Wah tidak terduga! Akhirnya saya menemukan kembali. Saat itu tepat jam 5 pagi saya mendengarkan Prambors FM. Saya langsung mendengarkan lagu milik Do As Infinity yang berjudul “Fukai Mori”. Sungguh saya senang sekali karena lagu tersebut juga merupakan lagu kesukaan saya. Selain itu, saya juga mendengarkan tentang sejarah Gunung Fujiyama yang dibacakan oleh penyiarnya.

Untukmu wibu-wibu yang seangkatan dengan saya, apakah kalian juga mengalami masa-masa kenal dengan radio pemutar lagu Jepang? Kalau iya, bagaimana komentar kalian? Setuju tidak kalau masa kecil dulu itu sangat menyenangkan?


Sumber:

No comments

Powered by Blogger.