Header Ads

Mengenal Amigurumi, Seni Rajut dari Jepang yang Bisa Kamu Jadikan Hadiah untuk Orang Tersayang


Kabarwibu.info – Apa kamu sedang bingung mencari kado untuk orang tersayangmu? Bingung mau memberi kado apa? Bingung juga mau beli barang apa? Yuk coba bikin Amigurumi!
Apa itu Amigurumi? Amigurumi merupakan seni kerajinan merajut yang berasal dari Jepang. Amigurumi berasal dari kata ami berarti ‘merajut’ dan nuigurumi berarti ‘boneka’. Maka tak heran apabila karya yang dihasilkan dari seni amigurumi ini adalah bentuk rajutan seperti boneka binatang, manusia, dan lain-lain. Ukuran dari hasil amigurumi ini pun juga bervariasi, ada boneka rajutan yang ukurannya kecil sampai yang besar pun juga ada.

(Sumber: Pinterest)
Seni amigurumi ini sudah dikenal di Jepang selama beberapa dekade dan pada tahun 2003 kesenian ini mulai merambah ke negara Barat. Selanjutnya pada tahun 2006, amigurumi menjadi produk paling populer di Etsy, situs web e-commerce yang berfokus pada barang-barang dan perlengkapan buatan tangan serta barang-barang unik yang diproduksi pabrik. Sejak saat itu, popularitas amigurumi semakin meningkat dan kini pun juga dikenal di Indonesia.
Apakah kamu juga ingin belajar membuat seni rajut ini? Yuk perhatikan tips berikut.
1.      Belajar dasar-dasar merajut
Sebelum belajar lebih lanjut mengenai amigurumi, tentunya kamu perlu belajar apa saja dasar-dasar merajut. Merajut disebut dengan nama kniting, yaitu merajut dengan menggunakan jarum knit yang terdiri dari dua batang jarum.
2.      Menggunakan benang rajut dan alat yang tepat
Agar kamu tidak kesulitan dalam proses mengeluarkan dan memasukkan benang, sebaiknya kamu memilih alat rajut sesuai dengan ukuran benang.
3.      Selalu merapatkan rajutan
Amigurumi akan lebih indah apabila rajutannya semakin rapat, maka usahakan membuat rajutan lebih rapat ya.
(Sumber: Pinterest)
4.      Jangan ragu untuk memasukkan isian boneka
Isian boneka yang digunakan biasanya adalah dakron. Sebaiknya kamu mengisi rajutanmu dengan dakron yang banyak karena hal ini akan mempengaruhi bentuk rajutanmu. Kalau dakronnya kurang, hasilnya kurang bagus lho.
5.      Menjahit dengan rapi
Tahapan yang paling penting adalah menjahit dengan rapi. Ketika bagian rajutanmu sudah selesai, kamu harus menjahitnya dengan rapi agar hasilnya semakin bagus.

Sudah siap untuk belajar merajut? Yuk siapkan amunisimu dan bawa karya terbaikmu untuk orang tersayang!
Sumber:

No comments

Powered by Blogger.