Header Ads

'Alike' film pendek menakjubkan tentang bagaimana 'tuntutan' masyarakat membunuh kreativitas dan identitas kita.


Kabarwibu.info - Ada perbedaan menyakitkan antara orang dewasa dan anak-anak.
Apa kalian ingat, cita-cita atau impian kalian sewaktu masih anak-anak?
Mungkin ada yang bercita-cita jadi pilot, guru, dokter, astronot, pilot, dan lainnya yang bahkan kita tidak tahu apa artinya itu. Yang kita tahu hanyalah, "aku mau jadi dokter biar bisa nyembuhin banyak orang", "aku mau jadi guru, yang tahu banyak hal", atau "aku mau jadi astronot biar bisa terbang ke bulan", sesederhana itu.
Mungkin kalian adalah orang-orang yang selalu di beritahu orangtuanya untuk diam dan tidak nakal, padahal di dalam hati, kalian ingin berlari-lari dan menari. Atau mungkin kalian adalah orang-orang yang suka menggambar berjam-jam, tapi orang tua kalian tidak mengijinkan kalian memilih jurusan seni karena mereka pikir, itu tidak akan bisa menghasilkan uang nantinya. Dan akhirnya , kalian menyerah, memilih apa yang dianggap 'masuk akal' saja daripada mengambil resiko.
Fungsi masyarakat dalam kehidupan jutaan orang di dunia, menjebak mereka dalam rutinitas yang sama setiap harinya, seperti bangun tidur, berangkat kerja, pulang, makan, tidur, bangun. dan terus berulang.
Kenapa banyak dari kita yang terjebak?
Film pendek yang berjudul 'Alike' ini berusaha menjawabnya. Karya dari Daniel Martínez Lara dan Rafael Cano Méndez, dengan durasi 8 menit yang menceritakan tentang Copi dan putranya Paste. Copi mengajarkan putranya bagaimana caranya hidup, mengajarkan apa yang benar dan salah, perbuatan mana yang boleh dilakukan dan yang tidak. Hal ini pun merubah Coni, yang tadinya merupakan seorang bocah yang ceria, enerjik dan kreatif, menjadi anak yang pemurung dan kurang bersemangat.
Tapi jangan salahkan Copi, dia hanya seorang ayah yang mengajarkan putranya, apa yang diajarkan oleh orang tuanya dulu. Lakukan ini, dan kau pasti akan sukses, kalau tidak, kau tidak akan sukses, kita semua adalah korban dari para korban. Sebuah pengetahuan mendalam dari Louis Hay.
Film ini mengawali debutnya pada tahun 2015 di Mundos Digitales. Film ini mendapat 81 penghargaan pada festival di seluruh dunia, dan sudah di mainkan sebanyak 10 juta kali di youtube, vimeo dan di jejaring sosial.
Manjakanlah dirimu dari rutinitas kehidupan yang penat dengan menonton film animasi ini sejenak dan merenungkannya.
Sumber : ideapod

No comments

Powered by Blogger.